Rabu, 10 Agustus 2011

Let's Talk About: Rivalry: Ancaman bagi sang Raja

Jika kita berkata “supercar” maka pasti nama Ferrari terbayang di benak kita. Ferrari memang sudah menjadi raja dalam brand supercar di dunia diikuti oleh rival abadinya yaitu Lamborghini. Namun dalam kenyataannya Ferrari memang masih merajai dunia supercar, Ferrari juga aktif dalam dunia ajang balap F1 sedangkan Lamborghini tidak. Namun mantan perusahaan pembuat traktor asal italia ini pun tidak tinggal diam,  inovasi-inovasi pun dilakukan untuk meningkatkan kualitas mobil buatannya.



            Peperangan antara Ferrari dan Lamborghini pun dimulai sejak zaman perang dunia kedua. Pada mulanya Lamborghini merupakan perusahaan pembuat traktor, Ferruccio Lamborghini selaku owner dari Lamborghini mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha traktornya dan akhirnya membeli sebuah Ferrari, namun ferruccio merasa ada yang kurang dari fitur Ferrari dan menyuruh Enzo Ferrari selaku owner dari Ferrari untuk membetulkannya. Enzo Ferrari merasa terhina dengan kritik dari Ferruccio dan berkata bahwa Ferruccio sebaiknya mengurusi ladang dan traktornya saja dan tak perlu ikut campur sehubungan dengan mobil sport. Ferruccio pun merasa tertantang dan mencoba untuk membuat mobil sport dan akhirnya dibuatlah Lamborghini Miura. Namun setelah ferrucio meninggal dunia Lamborghini dimiliki 
oleh audi, namun peperangan sengit antar 2 brand supercar ini masih tetap berjalan.
 


          Seiring dengan perkembangan zaman Lamborghini pun mulai melancarkan serangan bertubi tubi terhadap Ferrari. Dimulai dari Lamborghini Diablo dan countach yang secara head to head mengimbangi Ferrari testarossa, dan F40. Ferarri mengeluarkan varian F50 yang ditanggapi oleh Lamborghini melalui Diablo SV. Dengan adanya perkembangan teknologi, persaingan klasik inipun semakin memanas. Varian-varian baru dari Ferrari seperti 360 modena dan F430 scuderia memasuki pasaran dengan menjanjikan teknologi dan performa yang lebih hebat dari sebelumnya, Ferrari juga meluncurkan mobil eksklusif mereka yaitu Ferrari Enzo yang diambil dari nama pembuatnya, model ini hanya terbatas dan diperuntukan oleh kalangan tertentu.

            Menghadapi serangan besar tersebut Lamborghini tentunya tidak tinggal diam, Lamborghini meluncurkan varian Lamborghini Gallardo yang secara performa bersaing dengan ferarri F430, Lamborghini juga meluncurkan Murcielago LP 640 dilengkapi dengan mesin V12 640 tenaga kuda yang di atas kertas sudah melebihi Ferrari F430 scuderia sekalipun. Merasa belum puas dengan serangannya Lamborghini memperbarui murcielago miliknya dan meluncurkan Lamborghini murcielago SV (Super veloce) LP 670 dilengkapi dengan mesin V12 dan 670 tenaga kuda yang mampu menembus 342kpj di atas kertas, hampir menyamai Ferrari enzo yang di atas kertas memiliki top speed 350kpj. Lamborghini juga meluncurkan mobil super eksklusif mereka yaitu Lamborghini Reventon, hanya diproduksi 20 unit, dan mobil ini mampu menembus 356 kpj, angka ini melebihi angka yang dicapai oleh Enzo Ferrari yaitu 350 kpj.

            Varian terbaru Ferrari yaitu 458 italia menjawab serangan dari Lamborghini dengan akselarasi 0-100 3,4 detik dan top speed 325kpj, namun angka ini bahkan masih di bawah Lamborghini murcielago SV yang mencapai 100km/h dalam  waktu 2,8-3 detik dan top speed sekitar 342kpj. Lamborghini memimpin keadaan sementara, namun belum merasa puas dengan kemenangan sementara Lamborghini berniat memastikan kemenangannya dengan meluncurkan Lamborghini Aventador LP700, dengan mesin V12 690 tenaga kuda mampu mencapai performa 0-100 dalam waktu 2,9 detik dan mencapai 200 dalam waktu 8,9 detik dan top speed 350 kpj, angka yang belum pernah disentuh oleh Ferrari sebelumnya, namun Ferrari masih menyimpan sebuah senjata rahasia yaitu mobil concept mereka Ferarri F70 yang masih belum diketahui kehebatannya, Lamborghini menjadi ancaman besar bagi  sang raja. Apakah sang raja supercar Ferrari mampu mempertahankan posisinya? Kita tunggu saja kahadiran F70


Tidak ada komentar:

Posting Komentar