Sabtu, 20 Agustus 2011

Fast Five Special: The Sexy But Muscular 1971 Pantera De Tomaso

Pantera De Tomaso in Fast Five


‘When you put an American V8 engine in an Italian designed car, It’s the Pantera De Tomaso’. Tak tahu siapa yang menyebut kalimat di atas untuk pertama kalinya. Mesin V8 khas Amerika dan desain body mobil yang khas Italia merupakan satu paket yang hadir melalui Pantera De Tomaso. Kegarangan dari suara mesin serta penampilan yang cantik selalu menarik perhatian setiap saat Pantera hadir di ajang pertemuan mobil klasik di berbagai Negara.

Cantik banget!

Next time, geber Pantera yah?
Tak luput juga di dalam film Fast Five, Pantera De Tomaso hadir sebagai salah satu mobil yang dicuri dari kereta. Ketika mobil tersebut dinyalakan, dapat terdengar suara mesin V8 khas Amerika yang benar-benar gokil. Sayangnya Pantera De Tomaso tidak banyak berperan di film ini, tak ada peran khusus yang melibatkan Dom atau Brian Walker memacu mobil ini ke batasannya, berlagak sideway maupun burnout gila-gilaan khas Fast & Furious. Duh, padahal akan sangat hardcore jika Pantera De Tomaso dibiarkan menunjukkan jiwa maskulin khas pria Italia digabung dengan ledakan testosterone khas Amerika, apalagi dengan Dom dibalik setir… Well, hal tersebut sayangya tak terjadi… Tapi mari kita mengulas tentang sebuah mobil legendaries dari sebuah perusahaan legendaris yang namanya jarang terdengar ini, De Tomaso.


The History

De Tomaso dan Isabelle Haskell,sang istri
Alejandro De Tomaso selaku founder dari De Tomaso Automobili adalah anak dari keluarga Italia kaya yang mempunyai sebuah peternakan di Argentina. Tidak tertarik dengan dunia peternakan yang menakdirkan dirinya menjadi juragan ternak, ia sebenarnya ingin menjadi pembalap professional. Pada awal 50-an, dengan meminjam mobil Italia, ia kemudian unjuk gigi di balapan lokal. Sebuah peristiwa dimana dia berkomentar di koran lokal tentang hal yang tak disukai seorang diktator, Juan Peron membuatnya harus kabur pulang ke kampong halamannya di Italia. Nah, disini ia bertemu dengan seorang pembalap wanita Amerika, Isabelle Haskell (Sekarang jelas kan? Kenapa Pantera De Tomaso memiliki hati Amerika?).

Akhirnya pada tahun 1959, mereka membuat  De Tomaso Automobili di Modena. Sebelum merilis Pantera pada 1971, mereka merilis Vallelunga (namanya berbasis dari sebuah sirkuit di dekat Roma), dan Mangusta (Mongoose).Mangusta yang merupakan desain dari Giorgetto Giugiaro muda, menyebarkan berita tentang perusahaan De Tomaso jauh lebih luas. Sebuah penampilan visual yang menandingi Lamborghini Miura, meskipun mesin V8-nya dari Ford belum dapat menyaingi mesin V12 Lambo.

De Tomaso Vallelunga

De Tomaso Mangusta desain Giugiaro, yang menyaingi Miura
Mana yang lebih cantik? Miura hasil desain Marcello Gandini ini?


Interior merupakan bagus pada zamannya
Setelah Ford membeli De Tomaso, mereka kemudian membangun sebuah sport-car dengan desain Italia berjantung Amerika. Desain Pantera dibuat oleh Tom Tjaarda asal Amerika. Pantera De Tomaso pertama kali ditampilkan ke publik pada Maret 1970 di Modena dan kemudian hadir di 1970 New York Motor Show. Pantera model pertama hadir dengan mesin Ford 5.8 L V8 yang memberikan tenaga sebesar 330 hp.


Pantera De Tomaso Specifications
Sebuah mobil yang berat? Tidak juga. Tak ada mobil sport yang hadir pada zaman ini dengan berat lebih dari 1,7 ton, seperti yang keluar belakangan ini. Karena dahulu fitur elektrik dan perlengkapan keselamatan tidak semaju sekarang, hasilnya, Pantera De Tomaso mempunyai berat hanya sebesar 1416 kg. Bandingkan dengan muscle car Amerika seperti…. Chevrolet Camaro yang mempunyai berat nyaris 2 ton. Dengan mesin bertenaga 330hp hasil dari mesin Ford 5.8L V8, power-to-weight ratio dijaga di 233 hp/ton. Rasio seperti itu menyamai Audi TT-RS. Akselerasi? 0-100 kpj dapat dicapai dalam waktu 5.5 detik, dengan top-speed mencapai 265 kpj. Angka tersebut sudah cukup tinggi untuk sebuah sport-car pada saat itu. Performa pengereman juga baik, dengan pengereman 100-0 kpj dalam jarak 34 meter.


Pantera bukan untuk dibawa mejeng saja..
De Tomaso SLC. We want Pantera... back..

Sayangnya, perusahaan ini sekarang belum hadir dengan supercar lainnya, melainkan membuat sebuah crossover De Tomaso SLC. Banyak yang tak sabar menunggu kehadiran mobil baru dari De Tomaso. Semoga hasilnya sama bahkan bisa melebih Pantera, dan memberikan generasi berikutnya bagaimana sebuah Italian Muscle Car berlaku. 


Sekarang ada sebuah desain mengenai bagaimana De Tomaso Pantera seharusnya pada masa ini. Lihat saja...


Sekarang, lebih baik ini yang dirilis kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar