Jumat, 12 Agustus 2011

Let's Talk About: Kasta Tertinggi Dunia kecepatan



Bugatti Veyron EB 16.4
             Apa kabar pecinta otomotif sekalian, jumpa lagi dengan kami fastline Indonesia.  Sebuah kendaraan tentunya harus dilengkapi dengan fitur kenyamanan, kemewahan, audio, dan lain-lain, tapi pada kenyataan ada juga orang yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan modifikasi saluran pembuangan, pemasangan turbo/supercharge, aplikasi open filter pada motor, porting polish, bore up engine, dan lain-lain. Untuk apakah itu? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah kecepatan, pada dasarnya kecepatan bukanlah suatu aspek yang tergolong penting dalam sebuah kendaraan, namun tidak bisa dipungkiri lagi biarpun tidak terlalu penting namun justru itulah terkadang yang paling dicari oleh para pecinta otomotif. Oleh karena itu kali ini kami akan mengulas tentang kasta tertinggi kecepatan dalam dunia otomotif.
 


Bugatti Veyron Supersport
                Terlepas dari dunia modifikasi, beberapa brand kendaraan memang sudah menyiapkan suatu produk yang memang terlahir kencang. Mari kita sedikit melirik Lamborghini dan Ferrari, 2 brand tersebut tergolong sebagai brand yang menyediakan mobil-mobil cepat, sama halnya dengan produk dari negri paman Sam seperti Ford dan Saleen. Mobil-mobil tersebut memang tergolong kencang namun masih ada lagi yang di atas mereka yaitu Mclaren F1, dengan top speed kurang lebih 390km/h. Namun, jika kita berbicara tentang kasta tertinggi tentunya akan berujung pada sebuah kendaraan mahakarya yang paling menakutkan sepanjang masa dalam dunia kecepatan yaitu Mr. Bugatti Veyron Supersport dan Bugatti Veyron EB16.4. Veyron memiliki top speed 407 km/h untuk varian biasa dan sekitar 430km/h untuk jenis yang supersport. Namun anda perlu mengeluarkan uang sebesar  1.700.000 US$ atau sekitar 17 miliar rupiah, dan US$2400000 atau sekitar 24 miliar rupiah untuk varian supersport.

            Jika di luar negri saja semahal itu bagaimana jika masuk Indonesia mengingat pajaknya saja sampai 300 %, wuih, bayangkan saja harganya kira-kira brp. Bagi orang-orang normal, tentunya mereka akan lebih memilih untuk membeli sebuah rumah mewah dengan 3 mercedes benz S-class untuk keperluan bisnisnya dibandingkan membeli sebuah Veyron dan tinggal di dalamnya selama satu tahun. Tapi tenang saja para pecinta kecepatan, anda tidak perlu mengorbankan penghasilan anda selama berabad-abad untuk sebuah mobil dengan harga gila tersebut, bagi orang-orang tertentu mungkin mereka bisa membeli sebuah Veyron, tapi orang-orang tersebut tidaklah banyak mengingat bahwa di dunia saja baru terjual 291 sampai tahun 2010 (menurut Wikipedia) ada sebuah mobil yang biarpun tidak sehebat Veyron namun memiliki performa yang dapat memuaskan para pecinta kecepatan sekalian, apalagi mobil tersebut dapat di tune up lhoo, mobil apakah itu?
Nissan GTR Mine's edition


                Mobil tersebut adalah mobil yang berasal dari Negara matahari terbit, yang juga tergolong sebagai international car of the year 2009 dan World performance car of the year 2009. Mobil tersebut juga dapat dibeli dengan kisaran harga antara 1,8-2 miliar rupiah termasuk pajak, mobil tersebut adalah Nissan Skyline GTR R35. Sampai sejauh ini Nissan GTR merupakan supercar yang paling terjangkau di Indonesia mengingat bahwa pajak mobil Jepang tidaklah seekstrim pajak mobil Eropa. Bagi para pecinta modifikasi Nissan GTR ini dapat di tune di mine’s. Secara performa 2011 nissan GTR dapat mencapai kecepatan 100km/h dalam waktu sekitar 3 detik dan dilengkapi dengan launch control. Oke beralih dari dunia mobil, bagaimanakah dengan motornya?


Suzuki GSXR 1300 Hayabusa
Kawasaki ZZR1400
                Pastilah tidak jarang kita melihat motor oprekan di jalan raya nusantara ini, yap, orang mengoprek motor adalah mencari kecepatan. Berbicaranya mengenai kasta tertingginya mari kita melirik Suzuki GSX-R 1300 Hayabusa dan Kawasaki ninja ZZR1400, kedua superbike tersebut dapat menembus kecepatan 300 km/h dan yang dicapai dalam waktu yang relative singkat, jika anda ingin melihat buktinya buka saja di youtube hehehe. Oke back to the topic, kedua motor tersebut di bandroll dengan harga kurang lebih 380jt-400jt, harga-harga tersebut masih di bawah harga motor ducati 1198 SP yang dijual seharga 400 jt lebih di Indonesia termasuk pajak. Namun jika kita lihat lagi harga 400jt merupakan jumlah yang mencukupi untuk membeli sebuah mobil keluarga ataupun rumah sederhana, tapi bagi para pecinta kecepatan tentunya memiliki salah satu dari motor tercepat menjanjikan kepuasan yang berbeda dibandingkan sebuah mobil keluarga, jangan takut untuk menyalurkan hobi kalian, sekian tips dari fastline Indonesia, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar