Minggu, 14 Agustus 2011

Requested Review: Fiat 500, Small Car Huge Personality

Fiat 500 (model terbaru)



Meet your Grand-daddy
Eternal Beauty
Italia merupakan tempat lahir dari beberapa supercar dengan desain yang fenomenal. Tengok Ferrari, Lamborghini, Alfa Romeo, dan yang terakhir, Pagani merupakan contoh dari kegilaan rumah desain Italia, salah satunya, yang paling terkenal adalah Pininfarina. Beberapa menawarkan desain yang futuristic, benar-benar baru dan menjadi trend-setter, lalu ada juga yang klasik. Fiat, memberikan pengertian tentang cantiknya desain yang klasik, simpel, dan benar-benar menawan melalui Fiat 500. Desain yang berdasarkan dari Fiat Trepiuno Concept pada tahun 2004 dan dirilis pada tahun 2007 (tepat 50 tahun setelah Fiat 500 pertama kali muncul),Fiat membuktikan bahwa ada sebuah kecantikan abadi yang selalu akan menarik perhatian orang yang melihatnya dan berkata: ‘Cantiknya…’. Retro-look? Ya, betul. Hal yang sama pada VW Beetle dan Mini, simply gorgeous…




Exterior View
Eksterior
Mari kita lihat secara menyeluruh tentang Fiat 500. Sleek,simple,functional,user-friendly, and inspirational. Lima kata tersebut merupakan hal-hal yang menjabarkan Fiat 500. Eksteriornya, dengan dimensi yang kecil membuat pengemudi mudah mengoperasikannya di jalanan sempit dan parkir di area yang minim. Bayangkan, panjangnya 3,5m, lebar 1,6m, dan tinggi 1,5m. Sangat kecil untuk sebuah mobil kelas hatch-back yang biasa ada di jalanan ibukota. Dilengkapi hanya dengan tiga pintu (termasuk pintu bagasi), semakin menegaskan bahwa Fiat 500 bukanlah mobil untuk membawa orang ramai-ramai. Desain ‘retro’ dengan headlamp bulat yang mungil membuat tampilan luar Fiat 500 semakin cantik. Jika Anda penasaran sekecil apakah Fiat 500, coba kunjungi beberapa IU yang ternama dan lihatlah sendiri. Tak sulit untuk menemukannya, cari saja mana yang paling imutu nan mungil.


Two-tone Interior
Interior
Di sisi interior, terdapat ­two-tone dashboard yang memberikan tampilan yang asri. Steering Wheel terdapat opsi leather-wrap yang semakin mempercantik tampilan interior. Terdapat pula beberapa susunan cupholder untuk minuman, tapi size-nya kurang begitu besar. Bagian samping juga dilengkapi oleh tempat khusus, tepat untuk menaruh mobile-phone. Meskipun terdapat empat kursi, Kursi di belakang kurang begitu luas untuk orang dewasa. Jadi untuk menikmati Fiat 500, cukup Anda dan si Dia saja… Hmmm, mungkin anak Anda atau… Orang yang memaksa untuk nebeng Anda untuk merasakan pengendaraan dari Fiat 500.


Blue&Me supported by Microsoft
Features
Fiat yang menjadikan Fiat 500 sebagai flagship mereka di segmen city car menjejali 500 dengan berbagai macam gadget yang menunjang penggunaannya. Sebagai city car yang notabene digunakan oleh orang yang dinamis dan modern, ada berbagai fitur unik yang diberikan. Salah satunya, adalah fitur Blue&Me yang pengembangannya dibantu oleh Microsoft.  Blue&Me memperbolehkan pengemudi untuk mengakses berbagai fitur dalam kendaraan melalui kata-kata saja. Berbicara mengenai Microsoft, juga terdapat USB port yang memungkinkan pengemudi untuk mendengar lagu yang terdapat di USB. Sekali lagi, karena didukung oleh Microsoft, berarti suatu fitur yang didukung oleh perusahaan saingannya (Mmmm, jujur saja, Apple) menjadi tidak ada. Ya, tak bisa mendengar lagu dari iPhone. Suatu hal yang juga menjadi hot topic dari berbagai  forum Fiat 500 owners.

Terdapat Cruise Control dan Voice Control di Stir

Fiat 500 Multi-Air Engine

Engine and Ride
Fiat 500 hadir dengan berbagai macam spesifikasi mesin. Di Inggris sendiri Fiat 500 hadir dengan lebih dari 30 spesifikasi model, tepatnya 39. Di Amerika, Fiat 500 hadir dengan 1.4l 16v Multi-air engine dengan daya sebesar 101 hp. Angka yang cukup kecil dibandingkan dengan hatch-back lainnya, tetapi menghasilkan power-to-weight ratio yang lebih besar mengingat beratnya tidak mencapai satu ton. Dalam pengendaraan, Fiat 500 juga dilengkapi dengan cruise-control yang sangat membantu dalam pengendaraan dengan kecepatan yang stabil. Terdapat pula alat bantu mengemudi yang dapat membuat lingkar setir menjadi sangat ringan dan dapat diputar hanya dengan satu jari sekalipun, yang sangat membantu untuk keluar dari parkiran yang butuh banyak gerakan setir.

Cantik? Ya. Efisien? Ya. Fiat 500 akan sangat mudah dan nyaman digunakan di lalu lintas Jakarta. Kecil, efisien, hemat bahan bakar, dan tetap cantik di mata. Berbeda dengan Smart yang hanya terdiri dari dua kursi, Fiat 500 masih bisa dinikmati oleh keluarga kecil dengan empat-kursinya. Kursi belakang toh juga dilengkapi dengan seat-belt untuk keamanan. Membawa furniture untuk keluarga baru? Kursi belakang bisa dilipat full-flat untuk menambah ruang bagasi. Fun, efficient, and Beautiful too.. It’s the Fiat 500.

Later on Fastline...

Fiat 500 Abarth

Fiat 500 Abarth? It's a Fiat 500 on two wheels..

9 komentar:

  1. HArganya sekitar berapa kalau di indonesia ya? terus mobil ini mesti dipesan terlebih dahulu ya?

    BalasHapus
  2. Di Indonesia, untuk base Fiat 500 TwinAir yang bukan Abarth, expect harganya sekitar 500-700 juta. Melihat kompetitornya, VW Golf dan Mini Cooper S. Untuk pemesanan bisa dicari di showroom IU terdekat. Banyak deretan showroom IU di Jalan Sultan Iskandar Muda.

    BalasHapus
  3. 500-700 juta? Gak Salah? melihat pasaran diluar dibanderol dengan 9999 Euro..

    BalasHapus
  4. 500 - 700 juta? gak salah ? melihat harga pasaran diluar dibanderol dengan harga 9999 euro...

    BalasHapus
  5. 500 - 700 juta? gak salah ? melihat harga pasaran diluar dibanderol dengan harga 9999 euro...

    BalasHapus