Rabu, 10 Agustus 2011

Let's Talk About: Transportasi Atau Gengsi

Halo Brother-brother petrolhead sekalian, apa kabar semua, kembali lagi dengan kami Fastline Indonesia. 

Transportasi?











Atau....
Gengsi?










Ulasan kali ini adalah mengenai transportasi atau gengsi, apakah itu? Pertanyaan pertama “apa yang menjadi dasar Anda untuk memilih kendaraan?” mungkin sebagian orang menjawab untuk alat transportasi menuju kantor atau kampus, tapi pasti ada juga yang memilih suatu kendaraan yang memiliki outlook cantik untuk menunjang rasa percaya diri kan, betul tidak Kaum Muda? Apakah salah jika saya membeli kendaraan untuk tampil lebih bergengsi?  jangan khawatir Brothers hal itu tidaklah salah, itu manusiawi mengingat sifat dasar manusia yaitu ingin dipandang. Nah kali ini Fastline akan menyediakan alternatif pilihan bagi para kaum muda yang ingin bergaya menggunakan mobilnya.

           
Mazda RX-8 dan Mitsubishi Lancer evolution sering kali menjadi alternatif untuk bergaya keren, namun mobil-mobil tersebut memiliki harga di atas 500 jt bahkan sampai 1M. Apakah yang bisa bergaya hanya orang-orang kaya yang mampu membeli sport car, kenyataan tidak demikian brothers. Berapakah budget anda 20jt, 40 jt, 100jt, 500 jt, atau bahkan 1M? Tidak menjadi masalah berapapun budget Anda, asalkan Anda dapat memilih kendaraan yang tepat. Kendaraan dalam kasus tidaklah harus mobil namun bisa juga motor, anggaplah anda memiliki budget sebesar 50 jt, jika Anda adalah seseorang yang efisien dan melihat sesuatu dari segi fungsional anda tentunya akan membeli mobil bekas tahun 90an, namun jika Anda adalah orang yang mengutamakan penampilan kami menyarankan anda untuk membeli sebuah motor sporty kawasaki Ninja 250R atau honda CBR 250R, dengan harga yang sama Anda dapat terlihat lebih macho. Jika anda merasa RX-8 dan Evo memiliki harga yang terlalu mahal, mengapa tidak Anda lirik dunia motor besar? Honda menawarkan CBR 600 dan 1000cc superbike yang memiliki outlook sangat mempesona, atau bahkan jika Anda mau mengeluarkan 385 jt Anda dapat membeli Suzuki GSX-R 1300 Hayabusa selaku kasta tertinggi dari motor supersport, bagi pecinta eksotisme Italia, aneka jenis Ducati pun dapat menjadi pilihan. Jika anda mengutamakan gaya, motor-motor besar tersebut tentunya akan mendapatkan perlakuan eksklusif seperti di mal-mal dimana disediakan lahan parkir khusus di lobby yang sangat menarik perhatian. “Bro, saya pecinta mobil dan tidak bisa mengendarai motor namun saya ingin gaya, gmn dooong??”. 

            
Ducati 1198
Bagi brothers sekalian yang tidak berminat pada dunia motor besar dan ingin tetap bergaya dengan mobilnya jangan khawatir, tidak perlu budget miliaran rupiah untuk memaksakan diri membeli sebuah ferrari atau lamborghini untuk bergaya. Mobil apapun tidak jadi soal asalkan brothers dapat memberikan sentuhan soul pada mobil tersebut, “maksudnya gimana sih bro???” langkah pertama adalah belilah mobil yang tepat, bagi para pecinta hacthback sebuah Honda jazz RS atau toyota Yaris sudah cukup. Mobil tersebut dapat dibeli seharga 190-220 jt rupiah. Ingat skrg kita sedang membicarakan gaya bukan peforma, sebuah mobil korekan dengan kemampuan berlari sampai 250km/h bukanlah suatu mobil yang bergaya. Dimulai dengan memoles exterior, usahakan agar mobil anda selalu terlihat bersih dan mengkilap, penggunaan kit setiap hari dapat mebantu. Lalu buatlah sesuatu yang unik dari mobil anda, misalnya mengganti velg, dalam hal ini penggantian velg pun harus benar, salah pilih warna dan ukuran dapat berakibat fatal yang menyebabkan mobil anda terlihat norak/kampungan. Tambahkan sedikit sentuhan body kit, ingat jika kita ingin memodifikasi bodi jangan sampai kita menurunkan kualitas berkendara mobil tersebut misalnya dengan membuat bemper terlalu ceper yang mengganggu aktifitas, bodi kit hanya berperan untuk mempercantik sebisa mungkin lakukan dengan minimalis dan jangan sampai mengubah identitas mobil itu atau anda akan di cap sebagai ricer. 

Ini contoh modifikasi lebay yang disebut sebagai ricer


Penggunaan material karbon dalam hal ini juga dapat mempercantik mobil anda, tapi jangan lebay dengan meng-carbon seluruh bodi mobil anda. Penambahan side skirt secukupnya dan pemasangan foglamp juga dapat menjadi alternatif. “Terus kalau hanya memodifikasi exterior luar bagaimana dengan performanya bro??” dalam hal ini kita tidak perlu memodifikasi performa karena pada dasarnya performa standar suatu kendaraan itu sudah cukup baik dan teruji oleh teknisi berpengalaman. Ingat mobil keren itu bukanlah mobil yang dapat berlari kencang, melainkan mobil yang dapat membuat orang-orang mengeluarkan kamera dan memotret mobil anda saat ia sedang diparkir. Aplikasi di atas tidak hanya untuk mobil hatchback namun juga dapat diaplikasikan ke segala jenis mobil.

Untuk brothers yang ingin meminimalis budget dapat mencoba dengan basic mobil BMW 318i tahun 1986-1990. Biarpun mobil tua namun masih memiliki wujud dan performa yang tidak buruk, nah tugas brother hanya tinggal mempercantik dan memolesnya dengan kit setiap hari. Sekian tips dari kami Fastline Indonesia, terima kasih banyak & always be a safe driver.

Sebagai sharing, ada beberapa quote dari tokoh tuning Jepang dari opening Touge Showdown 3 – Hot Version International sebagai penutup:

Keiichi Tsuchiya
“To tell you the truth, some of the tuning I see today is not street tuning. I don’t think running the Tsukuba circuit whatever seconds is relevant. I mean, irrational type of tuning, the ones that are getting out of hand are going to fade away sooner or later. ” – Keiichi Tsuchiya



Shinichi Kobayashi MCR






 
  “Blindly taking things off of your car to go faster is becoming a taboo in this industry” – MCR Shinichi Kobayashi




Kazuyoshi Okamura








 “I don’t think a car you can’t drive on a daily basis is a tuning car” – Kazuyoshi Okamura, Yashio Factory





“Well in my opinion, true enthusiasts are really looking for fun, not just speed.” – Spoon, Tatsuru Ichishima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar