Jumat, 12 Agustus 2011

Electric Vehicles That Might Save Our World: EV-neo

Honda mengabarkan bahwa Skuter elektrik EV-Neo akan mulai debut di Eropa. Demonstrasi program yang bekerjasama dengan dewan kota Barcelona, akan dimulai pada awal Juli 2011. EV-Neo merupakan skuter elektrik dengan zero in-use CO2 emissions. Sebagai gantinya, Honda akan memberikan 18 EV-neo kepada dewan kota Barcelona selama periode satu tahun.





Mengenai EV-neo

EV-neo merupakan skuter dengan baterai elektrik, beroperasi dengan 2.8kW motor listrik dan baterai lithium-ion. EV-neo mempunyai jangkauan sejauh 34 km dengan kecepatan 30kp/j di jalanan yang rata, dan kemungkinan jangkauan operasinya berkurang dalam medan yang berbeda-beda. Pengisian baterai biasa dari kondisi habis dipakai sampai penuh kembali dibutuhkan 3,5 jam. Pengisian dengan pengisi baterai yang cepat memakan waktu hanya 30 menit. 

EV-neo di Jepang

Di Jepang, EV-neo mulai dijual sejak April 2011 dengan harga 454,650 yen, (50,5 juta rupiah) harga tersebut mungkin akan melembung karena pajak jika masuk ke Indonesia. Sedangkan di Eropa harga diperkirakan akan menyentuh 4 ribu Euro.
EV-neo digunakan juga sebagai bagian dari Honda Electric Vehicle Testing Program yang mengambil tempat di prefektur Kumamoto dan Saitama. Program ini termasuk mobil, motor, dan peralatan elektro-motive lainnya diharapkan akan membantu mengurangi emisi CO2 dalam penggunaannya. Di Kumamoto, EV-neo disewakan kepada orang sekitar dan turis untuk memperoleh umpan-balik dalam penggunaannya, sedangkan di Saitama EV-neo disewakan ke berbagai toko atau perusahaan sebagai alat transportasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar